Oleh: Adel Kalibar

Jakarta- Tahun Ajaran 2023/2024 telah berakhir, dan meninggalkan kenangan yang begitu dalam terutama bagi siswa/i kelas 9. Setelah dinyatakan lulus dari SMP Strada Santo Fransiskus Xaverius 1 Jakarta Utara, tentunya mereka harus meninggalkan sekolah dan melajutkan Pendidikan pada jenjang berikutnya. Pelepasan dan perpisan siswa/i kelas 9 diadakan pada, Sabtu 15 Juni 2024 bertempat di aula besar SMP Strada St. FX-1 Jalan Deli Koja, Jakarta Utara.

Pelepasan serta perpisahan siswa/i kelas 9 tahun ini mengangkat tema Selalu Menjadi Pribadi yang Unggul dan Berkarakter. Dengan tema tersebut, diharapkan dapat menjadi bekal bagi mereka setelah lulus dari bangku SMP kemudian melajutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, mereka harus selalu menjadi pribadi unggul dan berkarakter, hingga mencapai kesuksesan yang dicita-citakan.

Para wali kelas 9, yaitu Pak Oki, Mam Lina, dan Miss Naomi bersama orang tua murid telah berhasil merencanakan dan menyusun kegiatan pelepasan dan perpisahan ini dengan baik, sehingga kegiatan dapat berjalan lancar dan sukses.  Sebanya 88 siswa/i kelas 9 tahun ajaran 2023/2024 yang mengikuti prosesi pelepasan ini, yang lakukan langsung oleh Ibu Rachmi Agustinuk S. selaku kepala SMP Strada St. Fransisus Xaverius 1 serta Ibu Anna Maria selaku wakil kepala sekolah. Dipandu oleh MC Pak Vian dan Bu Agnes, acara dihadiri oleh orang tua murid kelas 9 yang diundang untuk menyaksikan pelepasan dan perpisan anak-anak mereka.

Prosesi pelepasan telah tersusu rapi sebagai berikut, dimulai dari pembacaan peringkat 10 besar Ujian Sekolah (US) dan 3 besar peringkat kelas, penyerahan siswa kepada orang tua, yudisium, menyanyikan lagu Hymne Guru, sambutan orang tua murid, menyanyikan lagu Doa Seorang Anak, dan pesan – kesan dari perwakilan kelas 9.

Selanjutnya adalah acara perpisahan siswa/i bersama dengan bapak/ibu guru. Dimulai dengan penampilan menarik drama musikal dari kelas 9A yang sangat seru, penampilan band terakhir dengan lagu Perpisahan Sekolah karya Pak Oki, kemudian drama musikal dari kelas 9B, persembahan puisi dari Roselina siswa 9B, persembahan puisi dari para guru yang dibawakan oleh Pak Adel untuk para siswa dengan judul Sajak Pejuang Mimpi,  tidak mau ketinggalan drama musikal dari kelas 9C, dilanjukan kembali penampilan band terakhir dengan lagu Kepompong yang merupakan persembahan terakhir dalam perpisahan ini. Acara ditutup dengan doa penutupan dan makan siang bersama.

Pelepasan dan perpisahan siswa/i kelas 9 sungguh mengharukan semua pihak, baik para guru, orang tua murid yang hadir, dan para siswa sendiri. Walaupun diselimuti rasa haru, suka cita tetap hadir ditengah-tengah acara tersebut, dan hadir di hati semua peserta. Terlihat canda, tawa, tepuk tangah, dan sorak-sorai dari semua peserta pada saat setiap penampilan dibawakan hingga selesai. Air mata juga mengalir dipipi ketika lagu Doa Seorang Anak dinyanyikan, pada moment inilah anak-anak memberikan bungga kepada orang tua mereka masing-masing sebagai ungkapan rasa cinta, syukur, dan permintaan maaf atas kesalahan yang mereka lakukan.

Semua pihak memberikan selamat kepada para siswa, semoga sukses untuk Pendidikan selanjutnya.  “Congratulation for your graduation. Terima kasih untuk 3 tahunnya di rumah SafaxOne. Selamat berproses dijenjang berikutnya, ditunggu versi terbaik kalian masing-masing. See you on the top of success. GBU,” tutur Miss Naomi selaku wali kelas 9C melawakili wali kelas 9 yang berbahagia, saat dimintai pesan kesannya sesaat selesai acara tersebut.

Semoga dengan pelepasan dan perpisahan ini tidak mematahkan semangat mereka untuk terus berjuang di Pendidikan selanjutnya demi meraih cita-cita yang sudah melekat pada cakrawala. Harapannya bagi para siswa ini selalu menjadi siswa/i yang berkarakter, yang berguna bagi bangsa ini. karena kehidupan belum selesai, karena Pendidikan blum berakhir, maka jangan pernah ragu untuk melangkah. Jadilah pribadi yang unggul dan jadilah butir-butir mutiara bagi keluarga. Kalianlah pejuang mimpi, penghuni masa depan yang cerah. Salam AMDG***

Sebarkan artikel ini