Oleh: Adel Kalibar

Jakarta Utara – SMP Strada Santo Fransiskus Xaverius 1 Jakarta Utara berhasil membawa empat piala O2SN dari cabang olahraga Bulu Tangkis dan Karate. Pelaksanaan O2SN pada Senin (20/05/2024) yang bertempat di GRJU/GJU samping Walikota Jakarta Utara untuk cabang olahraga Pencak Silat, Karate, Renang, dan Bulu Tangkis. Stadion Rawabadak menjadi tempat utama cabang olahraga atletik.

Cabang olahraga yang diikuti oleh SMP Strada St. FX 1, yaitu Pencak Silat, Karate, dan Bulu Tangkis. Dari ketiga cabang olahraga tersebut, berhasil membawa total empat piala O2SN. pertama dari cabang olahraga Bulu Tangkis, yang diwakili oleh Davenia Anwara Hidayat, siswi kelas 8C berhasil mendapatkan Juara Harapan 1 O2SN 2024.

Kedua dan ketiga dari cabang olahraga Karate, yang diwakili oleh Agnes April Anabella Silaban, siswa kelas 8C berhasil membawa dua piala sekaligus. Agnes berhasil mendapatkan Juara 3 cabang Olahraga Karate Kumite dan Juara Harapan 2 Karate Kata O2SN. Kemudian piala yang keempat berhasil dibawa oleh Joshua Matthew Dovelly, siswa kelas 7A dari cabang olahraga Karate Kumite mendapatan Juara Harapan 2 O2SN.

Agnes yang berhasil mendapatkan 2 buah piala Karate O2SN, awalnya ia merasa sangat tegang, dan merasa takut karena banyaknya peserta yang mengikuti O2SN. Ia merasa takut kalah dan mengecewakan banyak orang. Namum sebenarnya ia sudah mempersiapkan diri dengan baik, melatih fisik dan juga memperbaiki gerakan-gerakan yang ada.

“Pada awal saya mengikuti perlombaan O2SN ini, saya merasa cukup tegang. Saya merasa bahwa dengan banyaknya peserta, membuat saya menjadi takut akan kekalahan dan membuat orang lain kecewa terhadap saya, namun setelah saya melewati perlombaan tersebut, saya menganggap bahwa hal ini menjadi suatu pembelajaran dalam hidup saya bahwa saya tidak perlu takut dalam menjalani sesuatu, karena saya percaya dengan adanya segala persiapan yang matang pasti akan membuat diri kita menjadi lebih baik dalam mencapai suatu target,” tutur Agnes.

“Didalam mengikuti perlombaan O2SN ini pastinya saya mempersiapkan diri dengan baik, Saya melatih fisik saya dan juga memperbaiki gerakan gerakan yang ada, dan tentunya dengan pengorbanan waktu dan juga pikiran untuk melakukan semua hal tersebut. Harapan saya terhadap SMP Strada St. FX 1 dengan mengikuti perlombaan O2SN ini akan membuat para siswa siswi yang memiliki bakat dalam bidang olahraga akan lebih tersalurkan dan dapat membawa nama baik sekolah,” lanjut Agnes saat menyampaikan kesan, pesan, serta harapan kedepannya.

Begitu juga dengan Davenia, yang senada dengan Agnes mengatakan bahwa dirinya sangat senang bisa mengikuti O2SN ini dan dia sudah mempersiapkan dengan baik, mulai dari latihan rutin hingga latihan fisik.

“Saat saya mengikuti O2SN, sangat menyenangkan karena bisa berkompetisi dengan banyak sekolah dan bahkan bisa menambah relasi. Saya sangat senang dan bangga terhadap diri saya yang berhasil membawakan nama sekolah dan membawa pulang piala. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak sekolah dan club saya “Badjatara” yang sudah membimbing saya,” ujar Dave.

“Banyak persiapan yang saya lakukan. Saya latihan dengan giat mulai dari fisik, strategi, mental hingga mengikuti latihan tambahan. Saya senang karena kerja keras saya membuahkan hasil. ⁠Harapan kedepannya untuk SMP Strada St. FX 1, dengan adanya O2SN saya berharap semakin banyak bibit-bibit unggul yang dapat berprestasi dan membawa nama baik sekolah. Tidak hanya sekedar piala yang di bawa, namun sebuah pengalaman dan pelajaran berharga untuk kedepannya. Tidak hanya di O2SN saja, namun dikompetisi dan perlombaan lainnya. Sukses terus SMP FX 1,” lanjut Davenia pada saat dimintai kesan, pesan, serta harapan kedepannya.

Dari keempat piala O2SN yang didapatkan tersebut, membuktikan bahwa SMP Strada St. FX 1 selalu berkomitmen mendidik dan mengembangkan seluruh pengetahuan dan keterampilan para peserta didik yang telah dipercayakan oleh para orang tua murid kepada sekolah, sehingga anak-anak siap bersaing secara sehat di sekolah-sekolah Strada dan luar Strada, seperti O2SN yang belum lama ini diikuti.

Selain keberhasilan di O2SN ini, perkembangan pengetahuan dan keterampilan anak sudah terlihat diberbagai kegiatan yang pernah diadakan, seperti pada upacara hari nasional ada paskibra dan dram band yang selalu tampil memukau, perlombaan lainya Karya Ilmiah Remaja (KIR), Paduan Suara, olahraga futsal, strory telling, dan pada acara pensi atau gelar budaya banyak penampilan seni dari para siswa.

Semoga dengan keberhasilan ini, SMP Strada St. Fransiskus Xaverius 1 semakin dikenal oleh Masyarakat luas, sehingga semakin banyak para orang tua murid yang memercayakan anak-anak mereka untuk dididik dengan baik. Agar anak-anak tersebut siap berkompetisi di sekolah Strada dan di luar Strada, kemudian menjadi anak-anak yang cerdas sebagai generasi penerus bangsa.

Salam AMDG***

Sebarkan artikel ini