Oleh: Adel Kalibar

Jakarta Utara – Persari atau Perkemahan Satu Hari SMP Strada Santo Fransiskus Xaverius 1 Jakarta Utara dilaksanakan pada Jumat, 08 Mei 2024 yang bertempat di lapangan utama bagian depan dan lapangan bagian belakang SMP Strada St. Fransiskus Xaverius 1, Jalan Deli Koja Jakarta Utara. Kegiatan juga dilaksanakan di dalam Gedung sekolah hingga mengunakan aula besar. Ā Perkemahan satu hari ini diikuti oleh adik-adik penggalang kelas 7 dan 8 serta bapak ibu guru sebagai Pembina.

Kegiatan perkemahan ini berlangsung selama satu hari penuh, dari pagi mulai pukul 07.30 hingga pukul 16.30, namun memberikan banyak sekali dampak positif bagi warga sekolah, terutama bagi peserta didik atau adik-adik penggalang. Dampak positif yang nyata bagi mereka, yaitu dapat membangkitkan kembali semangat dan motivasi belajar para peserta didik, selain itu tentunya masih banyak hal-hal positif lainnya yang dapat dipetik, seperti semangat pantang menyerah, kekompakan dalam kelompok, kerja keras, disiplin, berani, tangguh, mandiri, dan kreatif.

Kegiatan Persari ini diisi dengan berbagai kegiatan pramukan yang bermanfaat bagi peserta didik. Persari dibuka dengan Upacara Pembukaan, kemudian dilanjutkan beberapa kegiatan yang menarik, seperti Riang Gembira, Pionering dan Mengenal Rempah, Safari Koja, istirahat dan makan siang, Pos Game, dan terakhir Apel Penutupan.

Persari tahun ini mengangkat tema Bangkitkan Tunas Muda yang Tangguh, Mandiri, dan Kreatif. Dengan tema tersebut menjadikan Persari semakin mantap dan berkualitas, tema tersebut juga diterapkan di semua kegiatan selama satu hari penuh. Perkemahan satu hari ini juga melibatkan beberapa anak kelas 9 untuk membantu guru-guru sebagai Pembina dalam mengawasi dan mengkordinir setiap kegiatan dan pos-pos game yang telah disiapakan.

Ada 13 pos game yang telah disiapkan untuk permainan adik-adik penggalang, setiap pos game sudah dijaga oleh satu Pembina dan kakak kelas 9 yang ditugaskan. 13 pos game tersebut, yaitu kapal kardus serta memasukan sedotan ke dalam botol, estafet tongkat, kucing-kucingan, bola kertas, Panjang-panjangan, balon ular, tali temali, estafet tali, tebak gambar buta, urutan anggota regu, sandi morse estafet, semaphore, dan estafet kusi.

Pada pos Safari Koja, ada lima pos yang tersebar dibeberapa titik di luar sekolah, yaitu di lingkugan masyarakat atau RT/RW setempat yang dekat dengan sekolah. Di setiap pos tersebut juga sudah dijaga oleh satu Pembina dan kakak kelas 9 yang ditugaskan. Adik-adik penggalang per-regu berjalan dari sekolah menuju pos 1 hingga 5 kemudian kembali ke sekolah lagi. Dalam perjalanan tersebut, setiap regu wajib mengambil satu bendera di setiap pos yang telah disiapkan.

Semoga dengan adanya Perkemahan Satu Hari (Persari) benar-benar dapat membangkitkan kembali semangat dan motivasi belajar siswa, membangkitkan tunas muda yang tangguh, mandiri, dan kreatif. Menjadikan anak-anak semakin kuat dalam menghadapi berbagai tantangngan, menumbuhkembangkan kekompakan dan kerja sama yang baik. Walaupun hanya satu hari namun kegiatan ini benar-benar berkualitas dan memberikan banyak dampak positif dan pembelajaran pratik nyata di lapangan bagi anak-anak.

Harapannya kegiatan perkemahan ini dapat terus diadakan pada tahun berikutnya dan tidak hanya satu hari, bisa dua atau tiga hari seperti normalnya kegiatan perkemahan pramuka. Bahkan kegiatan dapat dilaksanakan di luar sekolah dan alam terbuka seperti biasanya. Tetap semangat adik-adik penggalang, dan sampai juga pada perkemahan pramukan selanjutnya. Salam AMDG***

Sebarkan artikel ini