Oleh: Adelbertus.

Jakarta Utara – SMP Strada St. Fransiskus Xaverius 1 mengadakan kegiatan lomba akademik dan nonakademi dengan nama kegiatan Safaxone Competition 2023.  Kegiatan diadakan pada 24 November 2023 yang bertempat di SMP Strada FX 1 Jakarta Utara, Jl. Deli Koja No. 20. Peserta lomba adalah siswa/siswi jenjang SD kelas 5 dan 6. SMP Strada St. FX 1 mengundang secara resmi SD terdekat di Jakarta Utara baik SD Negeri maupun Swasta.

Seiring dengan upaya peningkatan mutu pendidikan melalui siswa berprestasi, maka SMP Strada St. Fransiskus Xaverius 1 mengadakan lomba kepada peserta didik pada tingkat SD yang bertujuan agar para siswa/siswi mampu tumbuh menjadi insan-insan yang bermutu dan memiliki daya saing yang meningkat melalui penyelenggaran lomba di bidang Matematika, IPA, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang dirumuskan melalui kegiatan Lomba Akademik tingkat sekolah dasar.

Lomba akademik ini menuntut peserta berkompetisi untuk mampu berpikir cerdas dan cepat dalam menjawab dan menyelesaikan persoalan. Semakin terbiasa para peserta didik dalam berkompetisi di bidang mata Pelajaran tersebut, maka akan semakin tinggi kesempatan peserta didik kita untuk dapat belajar dari pengalaman berkompetisi secara sportif dan edukatif. Lomba akademik ini diikuti oleh 110 peserta kelas 5 dan 6 dari berbagai SD yang telah diundang sebelumnya. Mereka terlihat sangat antusias mulai dari mendaftarakan diri hingga pada hari pelaksanaannya.

Pada lomba nonakademik, mengusung perlombaan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) dan lomba Melukis. MLBB terdapat sepuluh tim dengan masinng-masing tim terdiri dari 5 peserta sedangkan lomba melukis terdiri dari 30 peserta dari berbagai SD yang diundang. Keseruan terlihat jelas pada lomba MLBB Dimana mereka Saling serang dan teriak, masing-masing mengeluarkan jurus andalan dan jagoannya. Penonton juga tidak mau kalah, masing-masing pendukung bersorak sorai membela timnya.

 

Selain sebagai upaya peningkatan mutu dan mencari bibit-bibit unggul yang berprestasi, kegiatan lomba ini juga bertujuan sebagai media promosi kepada para siswa tingkat SD agar tertarik dan bergabung bersama SMP Strada St. Fransiskus Xaverius 1.

Kegiatan pada hari pelaksanaanya dimulai dengan Opening Safaxone Copetition 2023 yang bertempat di lapangan utama SMP Strada St. Fransikus Xaverius 1 Jakarta Utara pukul 08:00 WIB. Dengan dipandu MC yang pastinya penuh semangat, yaitu Pak Vian dan Bu Irene. Pukul 07:00 para peserta sudah datang dan langsung menuju meja registrasi, kemudian diarahkan menuju tempat yang sudah disediakan dengan berbaris rapi sesuai jenis perlombaan yang diikuti.

 

Setelah seluruh peserta berbaris rapi, acara lansung diambil alih MC, Pak Vian dan Bu Irene menyapa dengan hangat seluruh peserta lomba. Dilanjutkan dengan berdoa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Strada. Pejelasan singkat mengenai kegiatan perlombaan, kemudian peserta lomba disambut dengan  penampilan yang memukau dari Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) dan Drum Band serta Band Safaxone dengan membawakan lagu Maju Tak Gentar dan Pelajar Pancasila.

 

Selesai dengan penampilan tersebut, acara dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia Safaxone Competition, oleh Pak Adel. Dalam sambutanya, Pak Adel menyampaikan rasa Syukur dan terima kasih terutama kepada Tuhan karena acara dapat diselenggarakan sesuai jadwal. Pak Adel juga berterima kasih kepada seluruh peserta yang sudah berpartisipasi aktif dalam mengikuti kegiatan ini dan kepada seluruh panitia yang telah bekerja sama dalam mempersiapkan acara ini sehingga dapat terlaksana dan berjalan dengan lancar. Kepada seluruh peserta lomba, Pak Adel meberikan motivasi agar dapat mengikuti lomba dengan penuh semangat dan hati yang gembira hingga akhir perlombaan.

“Ikutilah perlombaan ini dengan penuh semangat dan gembira, semoga persiapan yang telah kalian lakukan sebelummnya dapat membatu kalian hari ini. Semoga dengan kegiatan ini kalian belajar berkompetisi secara sehat dan cerdas, ini adalah awal kalian untuk meraih prestasi dan mengembangkan kemampuan, pengetahuan, kecerdasan, dan keterampilan yang kalian miliki,” tutur Pak Adel dalam sambutanya. Pak Adel juga menyampaikan banyak terima kasih kepada Genza Education atas kerja samanya khususnya dalam lomba akademik.

 

Sambutan dilanjukan oleh Pak Agustinus Karyanta selaku Kepala Strada cabang Jakarta Utara dan Timur. Dalam sambutanya Pak Karyanta menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta lomba, tetap semangat, dan selamat mengikuti perlombaan. Pak Karyanta juga menyampaikan harapan nantinya para peserta lomba bisa mendaftarkan diri untuk bergabung dan bersekolah di SMP Strada St. FX 1. Diakhir sambutan, Pak Karyanta secara resmi membukan kegiatan Safaxone Competition 2023, untuk Lomba Akademik dan Nonakademik.

 

Diakhir Opening peserta lomba langsung diarahkan oleh MC berjalan menuju ruangan tempat perlombaan diadakan yang ada di lantai 3 SMP Strada St. FX 1 dengan didampingin oleh anggota OSIS yang bertugas.

Semoga dengan kegiatan perlombaan akademik dan nonakademik ini dapat menumbuhkembangkan sikap sportivitas dalam sebuah kompetisi, mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan kecerdasan yang dimiliki oleh anak-anak, serta menjalin tali persahabatan antar sesama dan sekolah. Dan somoga kegiatan ini juga berhasil sebagai promosi sekolah sehingga banyak peserta didik yang mendaftarakan diri untuk melanjutkan selokah di SMP Strada St. Fransiskus Xaverius 1. Diharapkan kegiatan ini, pada tahun ajaran berikutnya bahkan setiap tahun dapat diselenggarakan. Terima kasih. Salam AMDG.

Sebarkan artikel ini