Santo Fransiskus Xaverius adalah salah seorang pendiri Serikat Yesus dan seorang pionir misionaris Kristen di Belahan dunia bagian timur. Misionaris besar ini adalah seorang yang telah mengkristenkan lebih banyak orang dibanding siapapun semenjak jaman Rasul Petrus dan Rasul Paulus. Ia terlahir sebagai putera bangsawan Basque di Navarro dengan nama Francisco de Jaso y Azpilcueta di Kastil Xavier pada tanggal 7 april 1506. Ia berkarya dengan begitu gemilang di semua wilayah perutusannya. Mulai dari Goa, India, Srilanka, Indonesia, Jepang serta pulau-pulau lain di timur. St. Fransiskus mempertobatkan begitu banyak orang hingga Gereja menganggap bahwa belum pernah ada seorang pun yang menobatkan begitu banyak orang seperti Santo Fransiskus Xaverius sejak jaman Rasul Petrus dan Paulus.

Ibadat Pesta Nama

Santo Fransiskus Xaverius banyak dijadikan sebagai nama pelindung, salah satunya digunakan oleh Perkumpulan Strada khususnya untuk unit SMP Strada St. Fransiskus Xaverius 1. Pada 3 desember 2021 dirayakan pesta nama St. Fransiskus Xaverius secara virtual. Kegiatan diawali dengan ibadat bersama melalui zoom dan youtube SafaxOne yang diikuti oleh guru dan siswa-siswi. Selanjutnya, kegiatan pesta nama dimeriahkan dengan pelaksanaan beberapa lomba yaitu bernyanyi lagu rohani, cerdas cermat alkitab (CCA), menggambar lukisan Santo Fransiskus Xaverius dan lomba bercerita santo/santa.

Lomba Virtual

Pada momen pesta nama St. Fransiskus Xaverius, guru-guru merayakan dengan menyiapkan hidangan tumpeng. Semua guru berdoa dan berharap agar St. Fransiskus Xaverius senantiasa membimbing, menemani dan melindungi perjalanan SMP Strada St. Fransiskus Xaverius 1. Sebagai nama pelindung sekolah, teladan St. Fransiskus Xaverius patut disebarluaskan agar iman katolik semakin kuat. Pada akhirnya, momen pesta nama pada 3 desember tersebut berlangsung dengan penuh syukur. Kami mengucapkan selamat merayakan Pesta Nama Santo Fransiskus Xaverius. SALAM AMDG.

Makan Bersama

 

Sebarkan artikel ini