Puji syukur seluruh keluarga besar SMP Santo Fransiskus Xaverius 1 dapat kembali merayakan pesta nama sekolah Santo Fransiskus Xaverius pada tahun 2020 dan acara natal bersama.

Pesta nama sekolah Santo Fransiskus Xaverius merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur kepada nama pelindung Santo Fransiskus Xaverius. Santo Fransiskus Xaverius adalah seorang pionir misionaris Kristen dan salah seorang pendiri Serikat Yesus (Ordo Yesuit). Santo Fransiskus Xaverius mengabdikan sebagian besar dari masa hidupnya bagi karya misi di negeri-negeri terpencil.

 

Pesta nama tahun ini mengangkat tema “Dengan Semangat Santo Fransiskus Xaverius, Kita Tingkatkan Hidup Sahabat Bagi Semua Orang”. Pesta nama dan natal bersama dilaksanakan di lapangan kompleks Gadang pada Jumat, 17 Januari 2020 yang diikuti oleh seluruh guru, karyawan dan siswa-siswi SMP Santo Fransiskus Xaverius 1. Acara dimulai dengan ibadat yang dipimpin oleh Ibu Merry.

Setelah Ibadat, acara dilanjutkan dengan sambutan dari Ibu Agustin selaku Kepala Sekolah. Kemudian, Ibu Agustine yang ditemani bersama beberapa guru melakukan acara pemotongan kue. Pemotongan kue dilakukan sebagai simbol acara pesta nama dan natal telah dimulai.

Selanjutnya, Julian dan Farhan selaku pembawa acara mengambil alih untuk memandu acara. Acara berikutnya adalah penampilan dari masing-masing kelas. Beragam aksi dan pentas ditunjukkan setiap kelas, antara lain tarian tradisional, modern dance,pantomim, musikalisasi bakat, musikalisasi puisi dan bernyanyi. Penampilan dari setiap kelas sangat menakjubkan hingga mendapat tepuk tangan yang meriah dari para penonton.

Seluruh keluarga SMP Santo Fransiskus Xaverius 1 sangat bersenang-senang dan menikmati acara pesta nama dan natal. Acara semakin seru saat pembawa acara memandu acara berikutnya, yaitu pembagian doorprize. Siswa sangat antusias menjawab pertanyaan dengan tepat tentang biodata Santo Fransiskus Xaverius karena siswa yang berhasil menjawab langsung mendapat hadiah.

Rangkaian acara masih berlanjut dengan acara Safaxone Idol. Dalam acara ini, setiap kelas menunjuk dua hingga tiga orang untuk beradu suara untuk menjadi idola di SMP Santo Fransiskus Xaverius 1. Ada tiga guru yang menjadi juri dalam Safaxone Idol yaitu Bapak Damar, Ibu Lusi, dan Ibu Dita. Setiap perwakilan kelas menujukkan kebolehannya dalam bernyanyi. Lagu yang dinyanyikan adalah lagu rohani yang sebelumnya sudah diundi oleh panitia untuk masing-masing kelas. Acara berlangsung sangat meriah karena setiap kelas menampilkan kemampuan mereka dengan penuh penghayatan dan improvisasi lagu yang menarik.

Sejak pagi hingga siang hari yang cerah, semangat siswa masih terjaga dan semakin memuncak karena para siswa akan menyantap makan siang bersama. Makanan dengan lauk  yang bervariasi telah disediakan oleh para orang tua. Sebelum makan, para guru dan siswa memanjatkan doa Malaikat Tuhan dan dilanjutkan dengan doa makan yang dipimpin oleh Ibu Merry. Setelah doa, para guru, siswa dan orang tua bersama-sama menyantap makanan.

Setelah beberapa rangkaian acara dan dilanjutkan makan siang, akhirnya tiba di penghujung acara yakni pengumuman juara dan pembagian hadiah lomba Safaxone Idol. Kemudian para siswa dan guru bersama-sama bernyanyi dan menari sebagai perayaan penutup acara. Acara berlangsung tertib dan penuh hikmat.

Sampai jumpa pada acara pesta nama Santo Fransiskus Xaverius dan natal bersama tahun depan!

Salam AMDG!

Sebarkan artikel ini