Pada hari Rabu tanggal 20 November 2019, SMK Strada III mengadakan lomba pramuka untuk seluruh SMP di daerah Tanjung Priok. Lomba tersebut diadakan dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan dalam kepramukaan dan meningkatkan hubungan yang harmonis antar sekolah. Pramuka sendiri merupakan sebuah kegiatan yang melatih keterampilan untuk menjadikan seseorang memiliki karakter yang positif.

Lomba dilaksanakan di lapangan SMK Strada III, peserta yang mengikuti lomba tersebut terdiri dari beberapa SMP di Tanjung Priok, salah satunya SMP Strada St. Fransiskus Xaverius I. Anggota regu yang terlipih untuk mengikuti lomba adalah adik-adik yang berasal dari kelas VII, kelas VIII, dan dua orang dari kelas IX. Hal-hal yang dilombakan berupa ketangkasan baris-berbaris dengan tongkat, pionering pesawat terbang, dan ketangkasan dalam melempar tongkat. Demi meningkatkan kemampuan dari hal-hal yang dilombakan tersebut, adik-adik pramuka inti berlatih setiap hari pada pukul 18.00 WIB di Lapangan Kompleks Gadang.

Selama berlatih, adik-adik pramuka inti sangat menikmati proses sehingga niat dan usaha dapat menghasilkan kemampuan yang luar biasa. Suka duka dijalani bersama, perbedaan pendapat tidak membuat regu terpecah melainkan semakin menjadi sebuah anugerah karena konflik menimbulkan perasaan senasib dan sepenanggungan.

Pionering Puteri

Pionering Putera

Pada saat acara berlangsung, kegiatan diawali dengan upacara bersama, kemudian dilanjutkan dengan perlombaan pionering dan ketangkasan. Acara kemudian dilanjutkan dengan baris berbaris dengan tongkat dan istirahat dengan hiburan yang diisi bergantian oleh para peserta. Selama kegiatan berlangsung, tidak terdapat hambatan sama sekali, seluruh peserta menjalankan dengan tertib dan sukacita.

LKBBT Puteri

Bernyanyi saat istirahat

Sekitar pukul 14.00 WIB, acara dilanjutkan dengan upacara penutupan dan pengumuman pemenang lomba. Alangkah bahagianya SMP Strada St. Fransiskus Xaverius I karena hasil yang didapatkan sama sekali tidak mengkhianati proses dan perjuangan yang sudah dilalui.

Dari hasil yang telah dibacakan, regu putri memenangkan:

  • Juara I untuk lomba ketangkasan lempar tongkat.
  • Juara II untuk pionering pesawat terbang.
  • Juara Umum II.

Dan regu putra memenangkan:

  • Juara Umum I
  • Juara I untuk pionering pesawat terbang.
  • Juara II untuk ketangkasan baris berbaris dengan tongkat.
  • Juara III untuk ketangkasan lempar tongkat.

Proses dan hasil yang didapatkan sama sekali bukan suatu hal yang menjadikan adik-adik cepat puas diri, melainkan membuat diri semakin terpacu untuk bisa menjadi lebih baik lagi pada perlombaan-perlombaan selanjutnya. Bagi adik-adik pramuka inti ini merupakan sebuah harapan yang  menjadi sebuah pintu gerbang untuk menuju kepada kemenangan selanjutnya.

Salam AMDG!

Sebarkan artikel ini