Pada tanggal 25 – 26 Januari 2019 kami mengadakan Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu) Pramuka di Buperta Cibubur. Kegiatan ini dilaksanakan oleh siswa/siswi SD dan SMP Strada Cabang Jakarta Utara Timur. Kegiatan ini diadakan untuk melatih ketangkasan dan keterampilan kami dalam bidang kepramukaan, selain itu kami diajak untuk bisa memiliki hubungan yang lebih akrab lagi dengan teman-teman yang bersekolah di beda unit.

Kegiatan perjusa dimulai dari tanggal 25 Januari 2019 di pagi hari, kami berkumpul di sekolah pukul 06.30 dan berangkat pukul 07.00. Untuk menuju ke sana kami menggunakan transportasi truk TNI, terdapat 7 truk yang kami gunakan. Kebetulan kami berangkat dalam cuaca hujan dengan intensitas yang cukup deras, tetapi cuaca yang kurang mendukung tidak membuat kami enggan untuk datang. Akhinya kami sampai di tempat tujuan pada pukul 09.00, tiba di sana-pun hujan semakin deras, sedikit menganggu aktivitas kami dalam mencari tenda tiap regu, dan untungnya tidak lama kemudian hujan perlahan-lahan berhenti, lalu kami istirahat terlebih dahulu di dalam tenda kami masing-masing, membereskan barang-barang bawaan kami, dan membersihkan tenda yang masih basah. Selanjutnya kami masak untuk makan siang dan dilanjutkan dengan berkumpul di lapangan untuk grand opening. Kegiatan dilanjutkan dengan perlombaan antar regu, dan untuk teman-teman yang terpilih menjadi anggota regu inti langsung menuju ke arena lomba untuk bersaing dengan teman-teman yang berbeda unit. Untuk yang buka regu inti, kami melaksanakan perlombaan berupa miniatur pioneering tiang bendera dengan menggunakan sumpit, sedangkan untuk teman-teman yang ada di regu inti mereka melaksanakan lomba LKBBT, sandi semaphore, dan pioneering perahu.

Lomba terlaksana dengan lancar, dan selesai di pukul 16.00, setelah itu kami membersihkan diri dan mempersiapkan untuk makan malam. Untuk makan malam, kami mempersiapkan sendiri-sendiri bersama dengan regu kami, ada yang membawa sosis, bakso, nugget, sayur mayur, dan lain-lain. Setelah kami kenyang, kami langsung berkumpul ke lapangan untuk ikut dalam kegiatan api unggun bersama-sama dengan teman-teman dari unit lainnya. Acara api unggun dimeriahkan dengan penampilan-penampilan dari masing-masing sekolah, dan kebetulan kami mendapat giliran terakhir untuk menampilkan bakat kami. Acara ini cukup seru karena penampilan-penampilan oleh setiap sekolah sangat menarik, apalagi lagu-lagu yang digunakan sangat familiar sekali. Selesai kegiatan api unggun, acara dilanjutkan ibadat malam dan kami langsung kembali ke tenda untuk istirahat.

Keesokan harinya kami langsung mengikuti ibadat pagi bersama teman-teman dari sekolah lain, dan acara dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan berpetualang, di mana kami diminta untuk membuat sebuah peta pita dan peta perjalanan, kami senang karena ada pengetahuan baru yang dapatkan di sini yaitu cara membuat peta pita dan peta petualangan, kami belajar membaca kompas, belajar bekerja sama, dan belajar untuk menerima perbedaan satu sama lain. Selesai kegiatan kami langsung beres-beres dan mengikuti pelepasan acara sekaligus pengumuman pemenang, dan ternyata perjuangan kami selama ini tidak sia-sia, karena kami mampu membawa pulang 2 piala. Selesai pelepasan kami langsung persiapan untuk kembali ke rumah kami masing-masing.

Dari kegiatan 2 hari ini banyak hal yang menyenangkan, salah satu yang paling kami sukai yaitu saat berkumpul bersama di pesta api unggun, karena dari acara itu kami bisa berkenalan dengan teman-teman dari unit lain, dan kami juga bisa menampilkan bakat-bakat yang kami miliki.

Sebarkan artikel ini